Cara Memilih Jurusan Kuliah Anti Nyesal

Ris,
0
Cara Memilih Jurusan Kuliah Anti Nyesal

 

 

Memasuki dunia kuliah, para siswa akan kebingungan karena ada banyak jurusan dan fakultas yang tersedia. Pemilihan jurusan kuliah ini memiliki kaitan erat terhadap karir apa yang akan dijalani usai lulus kuliah. Jika salah jurusan, bukan hanya masa depan yang harus ditata ulang. Tapi juga kamu akan merasa kurang bersemangat saat menjalani kuliah tersebut.

Kamu sebentar lagi harus mendaftar kuliah namun belum tahu mau ambil jurusan apa? Ikuti cara memilih jurusan kuliah yang tepat berikut ini!

 

Sesuaikan dengan hobi

 

Cara yang paling mudah untuk memilih jurusan kuliah adalah dengan mengikuti hobi kamu selama ini. Dengan demikian, kamu sudah punya dasar pengetahuan dan akan bersemangat mengikuti perkuliahan. Misalnya jika suka berbicara di depan orang banyak, kamu cocok pilih jurusan ilmu komunikasi. Kalau suka menggambar, sudah pasti harus pilih jurusan DKV. Atau kamu hobi nonton drama Korea dan K-pop, pilih jurusan sastra Korea oke juga nih.

 

Gali potensi diri

 

Via Freepik

 

Setiap orang memiliki potensi diri yang mungkin belum muncul. Jika kamu tidak memiliki hobi yang spesifik, coba gali potensi diri. Kamu bisa memulainya dengan mencoba berbagai kegiatan di bidang yang berbeda-beda. Bisa juga tanyakan kepada orang sekitar, karena seringkali mereka dapat mengenali potensi diri kamu lebih baik.

 

Ikut tes bakat

 

Bagi kamu yang masih sering ragu dengan potensi diri, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada profesional. Ikuti tes minat dan bakat untuk mengetahui bidang-bidang apa saja yang cocok untukmu. Setelah itu, keputusan kembali ke tanganmu. Apakah bidang-bidang dari hasil tes bakat dan minat tersebut kamu sukai serta memiliki potensi karir yang baik?

 

Ketahui betul jurusan yang akan dipilih

 

Kebanyakan orang akan memilih jurusan kuliah hanya dari nama atau popularitasnya saja. Padahal, materi-materi yang dipelajari bisa jadi sangat luas atau berbeda-beda di setiap kampus. Misalnya untuk jurusan ilmu komunikasi, kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi yang baik. Melainkan mempelajari semua hal dasar juga seperti ekonomi, komputer, jurnalistik, PR, hukum, bahkan psikologi.

Begitu pula dengan jurusan sastra. Kamu tidak hanya akan belajar tentang bahasa, tapi juga kebudayaan bahkan hukum dan perekonomian negara tersebut. Intinya, galilah info sedalam-dalamnya mengenai jurusan yang akan dipilih. Apa betul sudah sesuai dengan ekspektasimu.

 

Tentukan karir impianmu

 

Via Freepik

 

Masing-masing karir atau profesi membutuhkan keahlian di bidangnya tersebut. Makanya setiap job desc selalu menyertakan persyaratan berupa lulusan S1 dari jurusan tertentu. Kalau ingin jadi pengusaha, kenapa menghabiskan waktu untuk kuliah kedokteran? Kalau mau jadi arsitek, ya pilih jurusan arsitek, bukan jurusan interior.

 

Cermati peluang kerja

 

Ada orang yang impiannya adalah bisa bekerja, mendapatkan gaji tinggi, dan peluang kerjanya oke. Sah-sah saja. Kalau kamu termasuk orang yang seperti ini, cermati saja peluang kerja yang ada 4 hingga 10 tahun ke depan.

Zaman dulu orang-orang mengincar posisi akuntan karena dibutuhkan di setiap perusahaan. Namun sekarang justru lebih banyak dibutuhkan pekerja kreatif di bidang penulisan, marketing, dan grafis. Perhatikan juga prediksi profesi yang posisinya akan tergeser oleh mesin di masa depan.

 

Tidak ikut-ikutan

 

Via Freepik

 

Ikut-ikutan teman adalah cara memilih jurusan kuliah yang bisa bikin kamu menyesal. Setiap individu jelas memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Tidak perlu merasa tertinggal (FOMO) atau takut tidak memiliki teman di dunia kuliah. Yang penting kamu bisa menikmati kuliah dan meraih karir cemerlang.

Untuk memastikan lagi apakah pilihanmu sudah tepat, coba konsultasikan kepada orang yang sudah berpengalaman seperti kakak, senior, bahkan orang-orang yang sudah bekerja di bidang terkait jurusan yang kamu minati. Selamat memilih jurusan yang tepat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 1128

No votes so far! Be the first to rate this post.

Be the first to write a comment.

Your feedback

× Available Space for Lease