Cara Jitu agar Anak Semangat ke Sekolah

Jessica,
0
Semangat ke Sekolah

Anak Anda tiba-tiba malas bangun pagi, tidak berselera menghabiskan sarapannya, berlama-lama ketika disuruh mandi, enggan menata buku dan mengenakan baju seragam, bahkan pura-pura sakit? Awas! Bisa jadi saat ini anak Anda sedang tidak semangat ke sekolah. Anak yang malas ke sekolah merupakan hal wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Sebelum Anda memarahinya karena tidak mau pergi ke sekolah, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab Anak Malas Sekolah

Semangat ke Sekolah

Bagikandakwah.blogspot.com

 

Terbebani dengan tugas sekolah

Semangat ke Sekolah

abiummi.com

 

Setiap hari, anak Anda dihadapkan pada berbagai jenis mata pelajaran yang berbeda. Masing-masing mata pelajaran tersebut menuntut fokus dan perhatiannya, belum lagi jika ditambah dengan tugas dan ujian yang harus dia kerjakan. Terkadang semua rutinitas tersebut terasa melelahkan bagi anak sehingga motivasi belajarnya turun.

Bosan

Semangat ke Sekolah

wajibbaca.com

 

Kegiatan belajar mengajar yang itu-itu saja, cara guru mengajar yang kaku, rutinitas sekolah yang sama terkadang bisa memicu rasa bosan pada anak dan membuatnya malas pergi ke sekolah.

Kurangnya minat pada pelajaran tertentu

Semangat ke Sekolah

scarymommy.com

 

Tidak semua mata pelajaran bisa dikuasai oleh anak Anda. Bisa jadi dia berbakat pada mata pelajaran hitungan, namun kesulitan ketika harus menghafal. Ketidakmampuannya menguasai hafalan ini bisa menimbulkan rasa malas untuk berjumpa dengan mata pelajaran yang bersangkutan.

Bertengkar dengan teman

Semangat ke Sekolah

appletreebsd.com

 

Pertengkaran dalam hubungan pertemanan memang bisa saja terjadi di lingkungan sekolah. Meskipun pada akhirnya mereka akan berbaikan kembali, tak jarang rasa tidak nyaman yang timbul akibat pertengkaran tersebut membuat anak tidak semangat ke sekolah.

Tidak suka dengan gurunya

Semangat ke Sekolah

sukita.info

 

Murid tidak menyukai guru tertentu memang fenomena yang sering terjadi di sekolah. Biasanya karena guru tersebut galak, penjelasannya sulit dipahami, atau terlalu banyak memberikan tugas.

 

Tips agar Anak Kembali Semangat ke Sekolah

Semangat ke Sekolah

tehsariwangi.com

 

Mengembalikan semangat anak untuk pergi ke sekolah memang bukanlah hal yang mudah. Namun, Anda dapat mencoba cara di bawah ini untuk membuatnya semangat ke sekolah kembali:

Bantu dia menyelesaikan tugas sekolahnya.

Semangat ke Sekolah

membuatwebsite.biz

 

Membantu anak menyelesaikan tugas sekolah bukan berarti Anda mengerjakan tugas miliknya. Namun, bantu dia untuk menemukan ritme belajar yang tepat dan berikan motivasi bahwa dia pasti mampu menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

Bermain sambil belajar.

Semangat ke Sekolah

appletreebsd.com

 

Jika rutinitasnya di sekolah membuatnya bosan, tidak ada salahnya mengajak anak belajar menggunakan metode bermain ketika berada di rumah. Hal ini juga bertujuan untuk membangun mindset-nya bahwa belajar itu menyenangkan.

Dorong dia menggali bakatnya.

Semangat ke Sekolah

hellosehat.com

 

Bantu anak mengenali bakat yang dia miliki dan berikan motivasi serta dukungan agar dia semakin percaya diri dan bersemangat untuk mengembangkan bakatnya melalui sekolah.

Cari tahu lingkaran pertemanannya dan permasalahan yang sedang dia hadapi.

Teman yang baik tentunya akan membawa pengaruh yang baik pula bagi anak Anda. Pancing dia agar mau menceritakan masalah yang dia hadapi bersama temannya dan bantu dia untuk menemukan solusinya.

Ajarkan tentang rasa syukur

Semangat ke Sekolah

letgrow.org

 

Beri contoh cerita tentang anak-anak yang tidak mampu sekolah karena berbagai faktor. Dengan begitu, dia akan lebih mensyukuri keadaannya dan tidak menyia-nyiakan kesempatan bersekolah yang dia miliki.

Bantu dia menemukan cara belajar yang tepat

Semangat ke Sekolah

lesprivatsurabayalbbnewton.wordpress.com

 

Ketika anak malas sekolah, bisa jadi karena belum menemukan metode belajar yang tepat sehingga membuatnya merasa bodoh dan putus asa. Ketika telah menemukan metode belajar yang tepat, akan lebih mudah baginya menyerap pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga dia tidak minder lagi.

Siapkan bekal kesukaannya

Semangat ke Sekolah

dapuronlinequ.blogspot.com

 

Bayangan akan makanan favorit yang menantinya di jam istirahat akan membuat anak jadi lebih semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Menjalin kedekatan dan komunikasi yang baik dengan anak adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Menahan diri untuk tidak marah sebelum tahu alasan anak tidak semangat ke sekolah merupakan keputusan yang bijak agar kedekatan orang tua dan anak tetap terjaga, serta membuatnya tidak ragu untuk bersikap terbuka terhadap Anda.

Be the first to write a comment.

Your feedback