Bingung Memilih Jurusan Kuliah? 5 Poin Penting Ini Bisa Jadi Bahan Pertimbangan

Jessica,
1
Memilih Jurusan Kuliah

Tidak mudah dimungkiri bahwa memilih jurusan kuliah yang tepat adalah langkah awal yang dapat mengantarkan Anda menuju pekerjaan yang mapan setelah selesai menempuh studi di universitas. Meski ada pula orang-orang yang pada akhirnya menemukan kesuksesan dari bidang yang bertolak belakang dengan jurusan kuliahnya dahulu. Namun, bukankah lebih baik jika pekerjaan yang Anda geluti nantinya selaras dengan apa yang telah dipelajari selama 4 tahun di bangku kuliah?

Karena dibayang-bayangi  rasa ketakutan akan menjadi mahasiswa yang salah jurusan, banyak calon mahasiswa pada akhirnya merasa galau setelah lulus dari jenjang pendidikan SMA. Nah, jika tidak ingin mengalami hal demikian, coba lakukan beberapa tips di bawah ini sebelum mengambil keputusan.

 

Pertimbangkan Minat dan Potensi

Memilih Jurusan Kuliah

Sumber : vebma

 

Menjalani kuliah yang sesuai dengan passion pasti akan sangat menyenangkan. Anda akan menikmati setiap mata kuliah yang diajarkan dan tidak akan merasa terbebani. Namun selain minat, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda memiliki potensi dalam bidang yang Anda minati tersebut. Memaksakan diri untuk mengikuti keinginan saja tanpa berkaca pada potensi yang dimiliki akan membuat Anda merasa sulit menjalani masa-masa kuliah karena harus bekerja lebih ekstra untuk memahami setiap materi pelajaran.

 

Kumpulkan Informasi Sebanyak-banyaknya

Memilih Jurusan Kuliah

Sumber : flickr

 

Keputusan yang baik adalah yang telah mengalami proses pemikiran secara matang. Nah, untuk dapat memilih jurusan kuliah yang tepat, Anda perlu melakukan riset jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran mahasiswa baru tiba. Caranya adalah dengan mencari tahu sedalam-dalamnya jurusan yang Anda minati. Coba pikirkan tiga jurusan yang paling ingin dipilih. Kemudian kumpulkan informasi terkait tiga jurusan tersebut. Mulai dari mata kuliah yang akan diajarkan, para alumni dari jurusan tersebut, hingga prospeknya di masa depan.

 

Pertimbangkan Peluang Kerja

Memilih Jurusan Kuliah

Sumber : cermati

 

Semakin sempitnya lapangan kerja di Indonesia membuat Anda harus pintar-pintar dalam memilih jurusan kuliah. Pasalnya, telah banyak lulusan sarjana yang harus terima menganggur karena peluang kerja dari jurusannya tidak banyak. Kecuali jika Anda sudah memiliki rencana akan menjadi seorang pengusaha sendiri, tidak ada salahnya mempertimbangkan perihal peluang masa depan ini. Coba fikirkan kira-kira keterampilan apa yang akan  banyak dibutuhkan 5 tahun kedepan setelah Anda menamatkan pendidikan dari bangku kuliah.

 

Berkonsultasi dengan Orang yang Sudah Berpengalaman

Memilih Jurusan Kuliah

Sumber : huffpost

 

Kalau merasa ragu akan keputusan Anda, cobalah berkonsultasi pada orang-orang yang lebih berpengalaman, seperti guru ataupun saudara yang terbukti telah mendapatkan pekerjaan yang mapan setelah lulus dari jurusan kuliahnya dahulu. Nah, selain meminta pencerahan perihal memilih jurusan kuliah yang tepat, Anda juga bisa bertanya hal-hal lain seputar dunia kampus. Seperti bagaimana kehidupan menjadi mahasiswa ataupun tips-tips untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi di kampus. Hitung-hitung, sekali dayung 2 pulau terlampaui.

 

Perhitungkan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Memilih Jurusan Kuliah

Sumber : squarespace

 

Meski berada dalam kampus yang sama, biaya kuliah masing-masing fakultas dan jurusan yang ada di dalamnya berebeda-beda. Beberapa jurusan seperti kedokteran, teknik, MIPA, dan ekonomi biasanya lebih mahal dibandingkan jurusan lainnya. Mahalnya biaya suatu jurusan bisa disebabkan jurusan tersebut memiliki banyak peminat. Bisa juga karena penyelenggaraan kuliahnya memang memerlukan biaya yang tidak sedikit karena adanya beberapa mata kuliah praktik. Nah, pastikan jurusan yang Anda pilih sesuai dengan biaya yang Anda miliki agar tidak kesulitan saat harus membayar biaya kuliah setiap 6 bulan sekali. Solusi lain yang dapat Anda lakukan terkait biaya kuliah ini adalah dengan mencari beasiswa yang biasanya dikeluarkan baik oleh kampus, DIKTI, maupun beberapa kementerian lain di Indonesia.

Demikianlah 5 poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih jurusan kuliah. Semoga bermanfaat.

Feedback


  1. Terimakasih banyak atas artikel yang bisa saya gunakan sebagai acuan dan pertimbangan… Meskipun masih tahun depan… Tapi saya harus memikirkan dari sekarang

Your feedback