Belajar Bahasa Inggris akan Menyenangkan melalui Tiga Media Ini

Jessica,
0
Novel

Belajar Bahasa Inggris bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bila menggunakan media yang tepat. Jika dahulu belajar Bahasa Inggris hanya dapat dilakukan di lembaga-lembaga kursus dan melalui buku yang tebal saja, lain halnya dengan saat ini. Belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan di manapun, kapanpun dan secara rutin. Karena dengan tiga media ini, kamu hanya perlu menyiapkan ponsel pintar atau laptop dengan jaringan internet sebagai penunjang sarana belajar. Berikut ulasannya.

Serial TV

Serial TV

pixabay.com

Media ini akan memberi efek yang lebih signifikan dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris ketimbang film. Mengapa harus serial televisi? Karena serial televisi menghadirkan rentetan episode yang lebih banyak dan kosa kata yang lebih beragam dalam durasi waktu sekitar 20 menit per-episode.

Sebuah studi menyatakan bahwa untuk mempelajari sesuatu tidak perlu lama, namun frekuensinya harus rutin. Yup, dengan waktu sekitar 20 menit yang diluangkan setiap hari untuk mendengar, mempelajari kosa kata baru plus cara pengucapannya lewat serial televisi, tentu akan membuatmu lupa bahwa kamu sedang belajar Bahasa Inggris.

Selain itu, serial televisi akan memberikan pengetahuan baru tidak hanya mengenai bahasanya saja, tetapi juga budaya yang disajikan di dalamnya. Ditambah lagi pengulangan beberapa frase atau kosa kata yang sama di beberapa episode akan membantu membuatmu lebih familiar terhadap berbagai ungkapan tertentu dalam Bahasa Inggris.

Bagi kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris dengan aksen Amerika, serial Amerika seperti Friends, Happy Family, atau 13 Reasons Why bisa menjadi rekomendasi yang tepat. Sementara kamu yang ingin memperdalam aksen British, serial seperti The Crown, Happy Valley, atau Bridget Jones tidak boleh dilewatkan. Pastikan juga serial televisi yang akan ditonton sesuai genre yang diminati.

Podcast

Podcast

pixabay.com

Podcast merupakan media pembelajaran yang murah dan bermanfaat. Media satu ini hadir dalam bentuk audio atau video yang berisi serangkaian episode program tertentu. Meski bukan barang baru, podcast menawarkan cara belajar berbagai hal dengan cara yang menarik.

Karena kamu hanya perlu mengakses satu website atau mengunduh penyedia layanan podcast tertentu dan berbagai informasi bisa didapatkan secara cuma-cuma. Bahkan jika telah berlangganan satu laman podcast tertentu, maka otomatis ponsel atau komputer mlikmu akan mendownload episode terbaru yang telah diunggah.

Selain dapat meningkatkan kemampuan listening dalam Bahasa Inggris, kamu juga bisa memanfaatkan media ini untuk mencari tahu lebih dalam mengenai grammar. Yup, grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar Bahasa Inggris.

Melalui layanan podcast, dapat kamu temukan beragam channel mengenai penjelasan teori grammar yang tentunya singkat dan tidak membosankan. Sehingga,  dapat meminimalisir kesalahan tata bahasa yang sering terjadi dalam berbahasa Inggris.

Novel

Novel

pixabay.com

Salah satu kemampuan Bahasa Inggris yang perlu dikuasai adalah reading (membaca). Karena kemampuan reading termasuk salah satu yang diujikan di berbagai ujian formal Bahasa Inggris, seperti TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Di sinilah pentingnya belajar Bahasa Inggris melalui sebuah buku.

Namun, untuk belajar reading tidak selalu harus dari buku-buku Bahasa Inggris dengan teks dan kosa kata yang tinggi dan membosankan. Kamu bisa mulai menjajaki novel-novel Bahasa Inggris dengan kadar cerita dan kosa kata yang ringan dan menyenangkan.

Novel sejenis To All The Boys I’ve Loved Before, atau memoar dengan judul Tuesdays with Morrie bisa menjadi daftar bacaan awal dalam meningkatkan kemampuan reading. Selain karena bahasanya yang ringan dan mudah dipahami bagi pembelajar tingkat pemula, cerita yang ditawarkan di kedua buku tersebut sangat bermakna. Sehingga, kamu dapat dengan cepat dan mudah menguasai teks Bahasa Inggris.

Semoga ulasan di atas dapat meningkatkan semangatmu untuk terus belajar Bahasa Inggris. Selamat belajar!

Be the first to write a comment.

Your feedback