Anak Anda Berusia 5 Tahun? Ajarkan 5 Nilai Hidup Ini!

Jessica,
0
Nilai Hidup

Ketika anak tumbuh, akan ada banyak hal yang mempengaruhi pola pikir dan sikapnya. Terutama dari lingkungan sekitar dan keluarga terdekat. Sebelum hal buruk masuk dan mengubah sifat si kecil saat berusia 5 tahun, yuk Bun ajarkan 5 nilai hidup ini untuk membantu masa depannya menjadi lebih baik lagi.

1. Sifat jujur

Nilai Hidup

pexels.com

Jujur merupakan nilai hidup pertama yang harus Anda ajarkan pada anak sedari kecil. Pasalnya, dengan sifat jujur inilah anak kelak dapat menjadi manusia bermoral dalam lingkungan masyarakat.

Anda dapat mencontohkan berperilaku jujur melalui kehidupan sehari-hari. Misal, ketika Anda sudah berjanji hendak mengajak anak pergi ke suatu tempat, tetapi ternyata batal karena suatu hal yang mendesak. Maka, jangan bohongi anak dengan menghindar. Akan tetapi, katakan dan ceritakan mengenai keadaan mendesak tersebut. Ajak anak untuk mengerti dan memahami kondisi.

Begitu pula ketika anak melakukan kesalahan, hindarkan anak untuk berbohong. Ajak anak untuk mengatakan kejujuran meskipun menyakitkan.

2. Jiwa adil

Nilai Hidup

pexels.com

Poin nilai hidup yang kedua dan wajib ada pada diri si kecil ialah memiliki jiwa yang adil, yang mau memaafkan dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan. Ketika si kecil tengah bertengkar dengan teman bermainnya, Anda dapat meminta si kecil untuk meminta maaf terlebih dahulu, tanpa perlu mencari pembenaran siapa yang salah dan siapa yang benar. Begitu pula ketika ada teman yang hendak meminta maaf, ajak anak untuk mau melapangkan dada menerima permintaan maaf tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat mencontohkan keadilan dalam sehari-hari. Misal, anak menjatuhkan barang secara tidak sengaja. Bukan hukuman atau amukan fisik yang harus anak terima, tetapi senyuman dan katakan pada si kecil untuk membantu membereskan sisa pecahan tersebut.

3. Tekad yang kuat

Nilai Hidup

pexels.com

Tekat menjadi nilai hidup yang wajib ada dalam diri si kecil. Dengan memiliki tekad yang kuat, anak tidak akan mudah berputus asa ketika melewati rintangan. Si kecil akan mencoba cara-cara yang benar untuk mencapai keberhasilan.

Misal, ketika anak kesusahan dalam pelajaran hitungan, dikarenakan kemampuannya lebih unggul dalam hal bahasa. Maka, dengan mengajarkan tekad kuat sejak dini, si kecil akan berusaha semampunya untuk mencoba mempelajari ilmu logika dan hitungan. Ketika hasilnya tidak tinggi, anak tetap akan puas karena merupakan hasil dari jerih payah sendiri.

4. Empati

Nilai Hidup

pexels.com

Sikap empati memiliki peran penting dalam hal sosialisasi di lingkungan masyarakat. Tanpa adanya empati, anak tidak akan memiliki rasa peduli dan keinginan untuk membantu sesama. Jiwa sosialnya akan mati.

Maka, Anda dapat mengajarkan empati melalui kegiatan amal yang dapat dilakukan di lingkungan sekitar rumah. Misal, di saat anak berprestasi, bukan hanya pujian yang Anda berikan, tetapi juga ajakan untuk membagi kebahagiaan tersebut pada orang lain. Mengajak anak mengunjungi panti asuhan untuk mengenalkan akan adanya orang-orang yang belum seberuntung dirinya.

5. Cinta

Nilai Hidup

pexels.com

Menumbuhkan cinta dalam anak yang masih berusia 5 tahun, dapat dilakukan dengan ungkapan kecil di sela-sela kesibukan bekerja mencari nafkah. Anda dapat mengatakan ‘aku sayang kakak’ misalnya. Atau mengukir bekal menjadi bentuk unik dengan tulisan ucapan kasih sayang yang tulus dari hati. Memeluk dan mengajak bercanda juga merupakan bentuk penyampaian cinta dari Anda.

Dari kegiatan sederhana itulah, anak akan belajar jika cinta begitu penting dalam hidup mereka. Cinta dapat menjadikan keluarga harmonis dan hubungan semakin erat.

Nah, itulah 5 nilai hidup yang dapat Anda ajarkan sejak dini pada si kecil. Latih dan biasakan setiap hari agar anak menjadi anak-anak hebat yang memiliki kepedulian besar terhadap lingkungan.

Be the first to write a comment.

Your feedback