Tips Belajar Matematika yang Asyik dan Menyenangkan

0
1477
Mempelajari Sempoa
Mempelajari Sempoa

Tidak bisa ditampik lagi kalau bidang studi Matematika kerap menjadi momok bagi anak-anak. Mereka selalu merasa kesulitan dalam menghitung, memahami soal cerita, hingga menghafalkan rumus-rumus yang jumlah tidak sedikit. Akhirnya anak-anak jadi membenci Matematika dan malas mempelajarinya dengan lebih serius.

Sebenarnya Matematika bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Setiap anak bisa memahami dengan baik asal cara belajarnya tepat. Belajar Matematika tidak bisa dilakukan dengan drill soal terus menerus agar paham. Belajar Matematika harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan agar anak-anak bisa mudah memahaminya tanpa merasa kesulitan dan terpaksa.

Masih tentang Matematika dan cara belajarnya, berikut tips yang bisa dipraktikkan agar belajar jadi asyik dan menyenangkan.

  1. Belajar di Alam Terbuka

    Belajar di Alam Terbuka
    Belajar di Alam Terbuka

Tidak selamanya kegiatan belajar mengajar dilakukan di dalam ruangan kelas. Ada kalanya, anak-anak harus diajak ke luar ruangan untuk belajar dengan cara yang lebih seru. Dalam belajar Matematika juga demikian, anak-anak bisa diajak keluar ruangan lalu belajar secara menyenangkan. Bila perlu menggunakan alam sekitar untuk menunjang pembelajarannya.

Anak-anak bisa diajarkan cara berhitung dengan menyenangkan, misal dengan daun-daun atau bunga. Mereka bisa diajarkan pengurangan dengan melakukan transaksi pembelian di pasar atau kantin. Hal-hal semacam ini lebih mendekatkan anak-anak pada penerapan Matematika yang secara tidak langsung juga meningkatkan kemampuan matematisnya.

  1. Menggunakan Permainan

    Menggunakan Permainan
    Menggunakan Permainan

Selain belajar di alam terbuka, belajar Matematika juga bisa dilakukan dengan permainan yang menyenangkan. Permainan yang bisa dilakukan ada dua jenis. Pertama permainan yang dilakukan secara langsung, misal berhitung dengan jari, cepat-cepatan menjawab, dan lain sebagainya. Permainan kedua bisa dilakukan dengan alat peraga dan juga aplikasi yang ada pada komputer atau ponsel pintar.

Dewasa ini, aplikasi belajar Matematika pada ponsel pintar sudah banyak sekali jenisnya. Anak-anak bisa diajak bermain sesuai dengan tingkatan kemampuannya. Misal aplikasi belajar penjumlahan, perkalian, hingga soal-soal pemecahan masalah lainnya.Untuk alat peraga, anak bisa diajarkan untuk mencari luas, volume, dan belajar pecahan dengan bahan kertas karton yang digunting.

  1. Mempelajari Trik-Trik Matematika

    Mempelajari Trik Matematika
    Mempelajari Trik Matematika

Bagi anak-anak, hal paling menyebalkan dari belajar Matematika adalah susahnya menghafal rumus. Hampir di setiap materi Matematika, rumus yang digunakan cukup banyak dan semakin sulit. Bagi mereka yang memiliki daya ingat, menghafal rumus tidak akan jadi masalah. Namun bagi mereka yang susah dalam hal menghafal bisa menjadi masalah yang cukup fatal.

Untuk mengatasi hal ini, beberapa trik Matematika akhirnya diciptakan. Dengan trik ini, Matematika bisa dipelajari dengan lebih menyenangkan. Trik dalam Matematika bisa berupa bagaimana menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus rumit, hingga menggunakan jembatan keledai untuk menghafalkan rumus-rumus yang cukup panjang dan membingungkan.

  1. Mempelajari Sempoa

    Mempelajari Sempoa
    Mempelajari Sempoa

Sempoa adalah alat hitung yang banyak digunakan oleh masyarakat Tiongkok. Dengan alat ini, hampir semua operasi bilangan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Anak bisa diajari menggunakan sempoa untuk lebih memudahkan mereka dalam hal menghitung. Anak-anak jadi lebih cepat dalam menghitung sehingga waktu yang dihabiskan untuk belajar jauh lebih sedikit.

Seiring dengan berjalannya waktu, anak-anak jadi tidak membutuhkan sempoa lagi. Dengan gerakan tangannya yang membayangkan sempoa, dia bisa melakukan penghitungan cepat. Metode sempoa bisa diajarkan pada anak-anak sejak dini. Begitu mereka menguasai metode sempoa, anak-anak akan menerapkannya terus menerus hingga mereka masuk ke SMP dan SMA.

Inilah beberapa tips belajar Matematika yang asyik dan menyenangkan. Tips ini bisa diterapkan di dalam kelas atau saat anak-anak sudah berada di rumah. Dengan melakukan hal-hal di atas, anak-anak akan mulai menyukai Matematika dan nilai mereka pada bidang studi ini akan meningkat dengan tajam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here