Suka Menulis? Yuk Manfaatkan 6 Situs Blog Gratis Ini

0
51
LiveJournal.com
LiveJournal.com

Menulis menjadi salah satu aktivitas yang kian digandrungi masyarakat beberapa waktu belakangan ini, terutama golongan remaja. Banyaknya situs blog gratis yang tersedia untuk membuat hasil tulisan bisa dibaca banyak orang dari seluruh penjuru negeri bahkan dunia, menjadi penyebab utama generasi milenial mulai gemar merangkai kata. Bahkan, hobi tersebut bisa menjadi ladang pekerjaan yang sangat menjanjikan, lho.

Nah, kamu yang suka menulis juga jangan sampai ketinggalan. Sebar manfaat dari hasil tulisanmu melalui 6 situs blog gratis berikut ini:

Tumblr.com

tumblr.com
tumblr.com

Kalau kamu ingin situs blog gratis yang mudah dalam pengaturannya, Tumblr.com menjadi laman yang tepat untuk menampung barisan kalimat yang kamu susun. Berdasarkan tampilannya, Tumblr.com dinilai menjadi website terbaik dibandingkan dengan yang lainnya. Kemudahannya tidak hanya terasa pada saat kamu mulai menulis, kamu juga bisa menambahkan gambar, musik, bahkan video di bagian profil. Menariknya lagi, para pembaca bisa me-“reblog” tulisanmu, sehingga pembacamu akan semakin bertambah.

WordPress.com

wordpress.com
wordpress.com

Siapa tidak kenal WordPress? Laman satu ini sudah tak asing lagi di telinga para penulis lepas atau blogger profesional. Hampir sama dengan Tumblr.com, kamu bisa menambah gambar, suara, dan video di bagian profil. Kamu juga bisa melihat data statistik pengunjung yang membaca tulisanmu. Bahkan, hasil kerja atau portofoliomu pun bisa kamu masukkan di sini. Jika ingin mendapatkan nama domain buatanmu sendiri, fitur upgrade bisa kamu manfaatkan.

Kompasiana.com

kompasiana.com
kompasiana.com

Kompasiana.com merupakan situs blog gratis asal Indonesia milik Kompas Gramedia. Banyak blogger profesional dan penulis yang tergabung di sini, sehingga membuat Kompasiana menjadi website yang lebih keren dibandingkan laman lainnya. Kompasiana sering mengadakan “Kompasianer”, yaitu acara kopi darat dan diskusi untuk para pengguna Kompasiana.com dan para penerbit. Pasti seru ya bisa bertemu para blogger dan penulis profesional secara langsung.

Pada laman Kompasiana.com, ada beragam kategori yang tersedia, mulai dari politik, kesehatan, gaya hidup, wisata, hingga teknologi dan fiksi. Ada pula rubrik “event” yang berisi info acara yang akan berlangsung di Indonesia.

Indonesiana.tempo.co

Indonesiana.Tempo.Co
Indonesiana.Tempo.Co

Selain Kompasiana.com, situs blog gratis asli Indonesia yang bisa kamu manfaatkan sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasimu adalah Indonesiana.tempo.com. Situs milik Tempo ini masih tergolong baru, tetapi telah berhasil menjadi salah satu laman blog terbaik di Indonesia. Sama seperti kebanyakan laman blog lainnya, Indonesiana juga menjadi sarana penyalur ide, opini, dan pengalaman. Terkadang, laman ini bahkan digunakan sebagai media untuk mempublikasikan hasil karya seni di bidang fotografi.

Blogger.com

Blogger.com
Blogger.com

Selanjutnya, ada Blogger.com. Tidak hanya untuk menulis saja, melalui laman ini kamu bisa mengasah kreativitasmu dengan mendesain sendiri tampilan blogmu dengan template desain yang tersedia. Blogger.com juga menyediakan domain gratis yang bisa kamu buat sendiri atau menggunakan domain custom berbayar. Cukup dengan mengoneksikan blogmu dengan Google Analytics, kamu pun bisa melacak latar belakang orang-orang yang singgah di blogmu.

LiveJournal.com

LiveJournal.com
LiveJournal.com

Terakhir, ada LiveJournal.com, situs blog gratis asal Negeri Paman Sam yang didirikan pada bulan April 1999 silam oleh Brad Fitzpatrick, seorang programmer dari Amerika. Ciri khas dari LiveJournal ada pada fitur “friends list” yang membuat laman ini memiliki aspek sosial yang kuat selain sebagai sarana menulis.

Meskipun kamu bebas mengutarakan opini dan aspirasimu, jangan sampai tulisanmu mengandung unsur SARA atau melanggar UU ITE ya. Tidak hanya dalam berbicara, menulis pun ada aturannya. Yuk, menulis sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here