Ini Dia Bahan-Bahan Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

0
20
Beras Merah
Beras Merah

Masa pertumbuhan bayi hingga remaja merupakan waktu yang paling tepat untuk merangsang kecerdasan otak. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan dan kecerdasan otak anak, mulai dari faktor keturunan, lingkungan, dan juga asupan makanan yang dikonsumsi. Nah, jika Anda ingin buah hati Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, berikut adalah bahan-bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.

 1. Ikan Salmon

Salmon
Salmon

Ikan Salmon sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak karena banyak mengandung asam lemak omega 3. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, mengonsumsi Ikan Salmon dapat membuat memori otak semakin kuat dan tajam. Selain kaya akan asam lemak omega 3, Ikan Salmon juga banyak mengandung zat yodium. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, serta menjadikan suasana hati tetap baik.

 2. Sayuran Berwarna

Sayuran Hijau
Sayuran Hijau

Berbagai macam sayuran berwarna seperti wortel, tomat, bayam, labu, kangkung, dan lain sebagainya terbukti banyak mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat membuat sel-sel otak menjadi lebih kuat dan sehat. Umumnya, semakin cerah dan segar warna sayuran, maka akan semakin banyak pula kandungan antioksidannya.

 3. Produk Susu

Susu
Susu

Bahan makanan yang terbuat dari produk susu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak karena banyak mengandung protein, kalsium, vitamin B, vitamin D, serta kalium. Kandungan protein dan vitamin B penting untuk membantu pertumbuhan otak dan enzim di dalam tubuh. Sedangkan, vitamin D juga sangat penting untuk kesehatan otot, saraf sistem, serta sel-sel tubuh manusia secara keseluruhan.Berdasarkan hasil studi yang telah dipublikasikan di International Dairy Journal, orang-orang yang teratur mengonsumsi susu atau produk olahan susu seperti yogurt, es krim, atau keju ternyata menunjukkan hasil yang lebih baik dalam tes yang dilakukan guna mengetahui kekuatan dan kecerdasan otak mereka.

 4. Kacang-kacangan

kacang - kacangan
kacang – kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk dalam bahan makanan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak, karena selain mengandung protein dan karbohidrat, bahan makanan ini juga banyak mengandung asam omega 3 yang sangat bagus utuk meningkatkan pertumbuhan dan fungsi otak. Menurut hasil penelitian, kacang merah merupakan jenis kacang yang paling banyak mengandung  asam omega 3 dibandingkan jenis kacang lainnya.

5. Daging Sapi Bebas Lemak

Daging Sapi
Daging Sapi

Daging sapi bebas lemak mengandung sumber zat besi dan mineral esensial yang dapat membantu anak untuk tetap berenergi dan berkonsentrasi. Selain itu, kandungan zinc yang terdapat pada daging sapi bebas lemak juga terbukti dapat membantu memelihara daya ingat dan kecerdasan otak anak.

6. Telur

Telur
Telur

Telurmerupakan bahan makanan berprotein yang paling mudah didapatkan dan harganya pun cukup terjangkau. Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolin yang dapat membantu perkembangan otak, utamanya untuk perkembangan memori atau daya ingat. Selain itu, zat ini juga dapat membantu meningkatkan produksi sel induk memori otak sehingga membuat anak tidak cepat lelah. Namun, mengonsumsi telur sebaiknya jangan berlebihan, karena kuning telur juga memiliki kandungan kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak.

7. Gandum Utuh dan Beras Merah

Beras Merah
Beras Merah

Selain kacang-kacangan, biji-bijian dengan karbohitrat kompleks seperti gandum utuh dan beras merah juga terbukti mengandung glukosa dan vitamin B yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan memelihara sistem saraf. Vitamin B berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh sistem saraf, yang mana berguna untuk memberikan pasokan ke seluruh oragan tubuh, termasuk otak. Sementara, gandum utuh juga kaya akan vitamin E, posatium, serta zinc yang dapat mendukung tubuh dan otak untuk berkerja secara seimbang dan optimal.
Itulah beberapa bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here