Anak Tertarik Belajar Seni, Mau Jadi Apa Nanti?

0
258
Source - pixabay
Source - pixabay

Menggambar, menyanyi, menari, bermain drama, dan bermain musik adalah bentuk-bentuk hobi yang umum kita jumpai pada anak-anak. Hobi tersebut mengasah kemampuan seni mereka. Apakah Anda melarangnya? Saat anak memutuskan ingin lebih serius belajar seni dan menjadikannya sebagai jalan hidup, apakah Anda juga akan mencegahnya?

 

Jangan memandang sebelah mata bidang seni. Dengan mendapat perhatian yang serius dan pengarahan yang tepat, aktivitas yang biasa dianggap hobi ini bisa menjadi mata pencaharian yang menjanjikan. Tidak salah jika orang tua mencemaskan masa depan anak. Namun, memang tak banyak orang yang memahami seni. Artinya, tak banyak pula yang paham akan masa depan tak terbatas yang bisa diraih melalui seni.

 

Suka menggambar, mau jadi apa nanti?

Source - pixabay
Source – pixabay

Tidak semua orang memiliki keahlian menggambar. Belajar seni rupa sangat diperlukan agar semakin memahami dasar dan teknik menggambar sehingga karya yang dihasilkannya makin diakui banyak orang. Tidak hanya menggambar menggunakan tangan, keahlian menggambar menggunakan perangkat digital juga mulai diakui. Dengan menggabungkan unsur seni dengan teknologi, kesempatan kerja yang bisa didapatkan menjadi lebih luas.

 

Perusahaan saat ini semakin memperhatikan pentingnya penampilan dalam berbagai hal. Bagaimana bisa menjual produk jika desainnya tidak menarik? Bagaimana orang mau melihat iklan jika yang disampaikan terlalu membosankan? Gambar menjadi senjata untuk menarik perhatian masyarakat sehingga memengaruhi penjualan juga. Terkait dengan perusahaan, pekerjaan yang bisa dimiliki oleh orang-orang yang jago gambar antara lain: perancang web perusahaan, ilustrator, dan desainer grafis.

 

Masih banyak pekerjaan yang menarik dan di luar keperluan perusahaan, sebagai berikut. Pelukis, untuk yang mendalami seni rupa murni. Komikus, jika memiliki ketertarikan menggambar komik. Animator, jika ahli menggambar dan mewujudkannya dalam bentuk animasi. Desainer interior, jika memiliki keahlian menggambar dan memperhatikan berbagai unsur dalam ruangan. Arsitek, untuk yang ahli menggambar bangunan. Guru kesenian, untuk yang pandai dalam mengajarkan seni.

 

Suka menyanyi, mau jadi apa nanti?

Source - pixabay
Source – pixabay

Anak yang belajar seni vokal dipastikan bisa menyanyi, tapi tidak selalu menjadi penyanyi. Masih banyak pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan olah suara yang selalu dicari orang.

 

Guru vokal, jika memiliki kemampuan olah vokal dan bisa mengajarkannya kepada orang lain dengan baik. MC dan pembaca berita, untuk orang yang memiliki suara yang baik disertai dengan keahlian berbicara. Pengisi suara atau dubber, untuk yang mampu menyesuaikan suara dengan karakter tokoh dan jeli menyamakan gerak mulut.

 

Suka bermain musik, mau jadi apa nanti?

Source - pixabay
Source – pixabay

Berbeda dengan menyanyi, tidak semua orang bisa bermain musik. Untuk belajar seni musik memerlukan pelatihan yang intensif. Jika tidak, yang dilakukan orang hanya memainkan nada secara acak tanpa membentuk harmoni.

 

Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dimiliki seorang yang bisa bermain musik. Guru musik, pastinya diperlukan pengetahuan luas serta kemampuan untuk mengajar, di samping memainkan alat musik yang bersangkutan. Penulis lagu, merangkai nada menjadi sebuah kesatuan untuk dalam karya lagu. Pemain band, memainkan musik bersama grup dari panggung ke panggung.

 

Suka menari, mau jadi apa nanti?

Source - pixabay
Source – pixabay

Belajar seni tari berarti memahami olah gerak dan irama. Orang yang terjun ke dunia tari mendedikasikan gerak tubuhnya menjadi sebuah karya. Oleh karena itu, seorang penari harus memiliki keseimbangan, kelenturan, kekuatan, dan stamina.

 

Penari adalah gelar yang pasti. Namun di luar itu, ada pekerjaan yang cocok dilakukan orang dengan keahlian ini. Guru tari, untuk yang mampu memberikan pengajaran tentang seni tari. Instruktur yoga, mendedikasikan gerak tubuhnya untuk kesehatan. Koreografer, untuk mengarahkan gerak dalam suatu pementasan.

 

Beberapa pekerjaan yang disebutkan di atas belum semua. Seni bicara tentang rasa dan tidak semua orang memahami seni. Namun, ketika keterampilan dan kemampuan seni ini mendapat pengakuan, orang akan mengapresiasi lebih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here