Begini Cara Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak

0
230
Source - pixabay
Source - pixabay

Mempunyai buah hati yang percaya diri pasti menjadi impian setiap orang tua di dunia. Namun, tidak semua anak tumbuh dengan sifat tersebut. Pastinya tak jarang kita melihat anak-anak yang minder, takut berlebihan, hingga akhirnya sepenuhnya menjadi pribadi yang tertutup pada siapa pun. Nyatanya, rasa percaya diri pada anak yang tinggi mampu menjadi jembatan terbaik untuk penunjang keberhasilan mereka.

 

Namun, perlu diketahui bahwa rasa percaya diri bukanlah sifat yang bisa diturunkan langsung dari orang tua kepada anak. Untuk bisa memilikinya, orang tua harus mengajarkannya kepada anak sejak dini. Dengan demikian, nantinya anak tidak tumbuh menjadi sosok yang pemalu ketika bergaul dan bersosialisasi.

 

Membangun rasa percaya diri pada anak memang bukan menjadi perkara mudah. Namun, bukan berarti hal tersebut menjadi mustahil untuk dilakukan. Cara-cara berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam membangun dan meningkatkan kepercayaan diri anak.

 

 

1. Menghidupkan Rasa Keberanian Anak

Source - pixabay
Source – pixabay

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membangun rasa percaya diri pada anak adalah melatih keberanian mereka. Tentu saja, keberanian yang tinggi akan membuat mereka menjadi orang yang percaya diri. Menghidupkan keberanian pada anak ini bisa Anda lakukan dengan mengajak anak melakukan berbagai aktivitas secara mandiri, atau memberikan contoh dan teladan yang baik pada mereka.

 

 

2. Berikan Anak Kepercayaan

 

Meskipun masih terbilang belia, bukan berarti Anda tidak bisa memberikan kepercayaan pada anak. Justru kepercayaan yang diajarkan sejak dini ini juga akan menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri mereka. Kepercayaan ini bisa ditunjukkan dengan cara memberikan komentar dan dorongan yang positif setiap anak ingin mengutarakan masalah ata

 

 

u pertimbangan mereka serta membiarkan anak mengambil keputusan dan bertanggung jawab dengan pilihannya.

 

 

3. Berikan Semangat dan Motivasi

Source - pixabay
Source – pixabay

Semangat dan motivasi menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan anak ketika mereka akan melakukan sesuatu. Semangat dan motivasi dari orang tua tentunya akan membangkitkan keberanian dan rasa percaya diri pada anak. Misalnya, ketika anak hendak berbicara di depan kelas. Bukan hal mudah untuk melakukannya, terlebih jika hal tersebut adalah pertama kalinya untuk mereka. Di sinilah semangat itu mereka butuhkan.

 

 

4. Berikan Nasihat Jika Anak Melakukan Kesalahan

Source - pixabay
Source – pixabay

Tidak hanya anak saja, orang dewasa pun terkadang melakukan kesalahan. Umumnya, kesalahan ini dilakukan oleh anak karena mereka belum mengerti mana yang baik dan tidak. Nah, ketika mereka melakukan kesalahan tersebut, jangan sekali-kali melayangkan bentakan. Sebaliknya, berikan mereka nasihat dengan lembut. Bentakan dan amarah akan membuat anak takut dan akhirnya rasa takut ini akan terbawa hingga mereka dewasa.

 

 

5. Berikan Penghargaan dan Apresiasi

source - pixabay
source – pixabay

Ketika anak berhasil menunjukkan keberanian mereka dalam melakukan sesuatu hal yang positif, berikanlah mereka apresiasi yang juga positif. Bahkan, Anda juga bisa memberikan mereka suatu penghargaan berupa hadiah, misalnya mainan kesukaan mereka. Dengan adanya apresiasi yang positif dari orang tuanya, anak akan semakin termotivasi dan percaya diri dalam menghadapi berbagai hal.

 

Tak hanya berdampak pada pendidikan saja, rasa percaya diri yang tinggi pada anak akan mampu membawa mereka menuju karier dan masa depan yang cemerlang. Anak juga akan lebih mudah dalam bersosialisasi dan berempati dengan orang di sekitarnya. Oleh karena itu, menjadi hal yang wajib bagi orang tua untuk melatih percaya diri pada anak-anak sejak usia dini.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here