7 Langkah Mudah untuk Memilih Jurusan yang Sesuai dengan Potensi Diri

0
54
Persiapan
Persiapan

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah, kecuali bagi mereka yang sudah memiliki kemantapan terhadap jurusan tertentu. Banyak dari kita yang masih bingung dan tidak tahu minat apa yang pas untuk kita. Bahkan, ada juga yang sudah masuk di suatu jurusan, tetapi kemudian menyesal karena tidak cocok. Karenanya, agar tidak salah memilih jurusan dan menghambur-hamburkan waktu, uang, serta tenaga, berikut adalah 7 langkah mudah yang sebaiknya kamu lakukan sebelum menentukan jurusan kuliah.

Tanyakan kepada diri sendiri, apa minat dan bakatmu yang sesuai dengan profesi yang kamu inginkan

Menjadi Diri Sendiri
Menjadi Diri Sendiri

Pertama, tanyakan kepada diri sendiri mengenai minat dan bakat yang sesuai dengan profesi yang kamu inginkan. Buatlah empat kolom pada selembar kertas. Pada kolom pertama, beri judul “Minat” dan tulis minat ataupun aktivitas favoritmu, baik itu melukis, bermain komputer, bermain bola, menyanyi, dan lain sebagainya.

Kemudian, pada kolom kedua, beri judul “Pekerjaan” dan tulis daftar pekerjaan apa saja yang berhubungan dengan minat yang sudah kamu tulis di kolom pertama. Misalnya, jika kamu suka melukis, maka kamu bisa menjadi arsitek atau desainer. Jika kamu suka bereksplorasi dengan komputer, maka kamu bisa menjadi seorang programmer atau games developer.

Perhatikan nilai-nilai yang kamu anut

Kemanusiaan
Kemanusiaan

Sebelum memilih jurusan, perhatikan juga nilai-nilai sosial, kemanusiaan, atau agama yang kamu anut, atau yang dalam hal ini mungkin bisa diistilahkan sebagai panggilan jiwa. Misalkan, jika kamu memiliki panggilan hidup untuk menolong anak-anak yang putus sekolah, maka kamu bisa mengambil jurusan untuk menjadi guru. Jika kamu memiliki penggilan hidup untuk menolong sesama atau menyelamatkan nyawa orang lain, maka kamu bisa mengambil jurusan kedokteran. Atau mungkin jika kamu memimpikan kemajuan pembangunan di Indonesia, maka kamu bisa memilih jurusan teknik sipil, tata kota, ataupun arsitek.

Jabarkan syarat-syarat untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan

Pekerjaan
Pekerjaan

Pada kertas kolom yang telah kamu buat sebelumnya, tulis “Syarat” di kolom ketiga dan kemudian isikan daftar kemampuan, keterampilan, serta syarat pendidikan yang harus kamu miliki untuk mencapai profesi idaman. Semisal jika kamu ingin menjadi seorang programmer, kamu tentu harus mengerti ilmu programming, sehingga jurusan yang bisa kamu pilih adalah teknik informatika, sistem informasi, atau ilmu komputer.

Pahami situasi global, nasional, dan lokal saat ini

Situasi Global
Situasi Global

Selain melihat minat dan potensi yang ada pada diri sendiri, memahami situasi yang ada di sekitar juga penting untuk kamu lakukan sebelum memilih jurusan kuliah. Pikirkan tentang bidang apa yang sekiranya sangat dibutuhkan dan memiliki prospek yang bagus di masa depan.

Berkomitmen

Berkomitmen
Berkomitmen

Hal ini juga tak kalah penting untuk menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah. Pertanyaan yang harus dijawab adalah seberapa jauh kamu berkomitmen untuk melanjutkan di jurusan tersebut? Apakah kamu yakin mau mengorbankan waktu kuliah untuk mempelajari ilmu tersebut? Pastikan untuk memiliki komitmen yang tinggi sebelum menentukan jurusan.

Cari tahu lebih banyak dari orang-orang yang sudah terjun di dunia kerja

Bertanya
Bertanya

Nah, pada kolom terakhir yang telah kamu buat tadi, tulis “Pro dan Kontra”. Kemudian, cari tahu segala hal mengenai pekerjaan-pekerjaan impian yang kamu tulis di kolom kedua dari saudara, teman, atau kenalan yang sudah berkecimpung di pekerjaan tersebut. Jika kamu sudah memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat, potensi, nilai-nilai kehidupan, maka sekarang kamu bisa memilih jurusan kuliah yang dapat membawamu untuk menggapai pekerjaan impian tersebut.

Persiapkan alternatif lain

Persiapan
Persiapan

Karena persaingan untuk masuk ke universitas dan jurusan terbaik itu sangat ketat, maka sebaiknya persiapkan alternatif lain atau rencana cadangan jikalau nantinya kamu tidak berhasil masuk di jurusan atau unversitas yang kamu inginkan. Dengan begitu, maka kamu lebih siap untuk menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Itulah 7 langkah mudah dalam memilih juruan kuliah. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here